29 Juni 2020

EARLY PREGNANCY LOSS (KEGUGURAN BAGIAN 3)

Dalam istilah medis ada yang dikenal dengan sebutan threatened abortion atau abortus imminens atau TERANCAM KEGUGURAN. Artinya pada kehamilan ini sedang dalam proses untuk terjadinya keguguran. Salah satu tandanya adalah keluarnya darah atau darah campur lender atau keputihan berdarah pada awal-awal kehamilan yaitu sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Mula-mula keluar darah dulu, bisa lumayan banyak atau hanya flek-flek saja dan kemudian diikuti dengan nyeri kram perut bawah. Kalo ada gejala itu maka kemungkinan terjadinya keguguran ya kira-kira 50% bakalan terjadi. 

Pada wanita yang ternyata kehamilannya berhasil dipertahankan alias gak jadi keguguran maka pada kehamilan ini terdapat peningkatan resiko untuk terjadi hal-hal berikut:
1. Persalinan premature
2. Bayi lahir dengan berat badan rendah, IUGR atau minimal lebih kecil dah untuk umur kehamilannya.
3. Kematian janin intrauterine atau segera setelah lahir, istilahnya perinatal death.
Ini tulisan bukan kualitas kaleng-kaleng karena bersumber dari kitab suci dokter kandungan seluruh dunia dan yang nulis juga dokter kandungan terkece badai. Ha ha ha ha ha

Terus bijimana membedakan perdarahan pada kehamilan muda ? ya mesti ke dokter kandungan karena bila kehamilan ada sesuatu maka wajib segera ke dokter kandungan. Dokter kandungan akan menilai apakah perdarahan pada kehamilan ini disebabkan memang karena ancaman keguguran ataukah sebab lain misalnya polip, cervicitis, reaksi desidua di leher Rahim, kanker mulut Rahim, perlukaan dinding vagina akibat hubungan sex, hamil diluar kandungan, kista terpluntir, tumor, atau karena berbagai sebab lainnya. Intinya dokter kandungan akan mencari penyebabnya. Biasanya kalo ancaman keguguran mesti disertai dengan nyeri perut bawah atau minimal nyeri panggul dah. 

Pada kasus dimana terjadi ancaman keguguran maka pasien sebaiknya bedrest atau istirahat di rumah walopun ini juga gak jaminan bakalan memperbaiki atau mencegah terjadinya keguguran, pokoknya jangan kerja dulu aja. Dirumah aja duduk sante sambil nonton drama korea. Dokter kandungan juga akan memberikan obat untuk meredakan nyeri perut sehingga wanita hamil lebih nyaman. 
Kalo diluar negeri dimana pembiayaan kesehatannya luar biasa maju maka pasien akan dilakukan follow up ketat dengan berbagai macam pemeriksaan seperti USG berulang terutama USG transvaginal, cek hormone beta HCG dan progesterone yang berguna untuk menilai apakah kehamilan ini bakalan berlanjut atau sudah gak berkembang lagi. Tetapi kalo di Indonesia para dokter kandungan menggunakan cara yang lebih baik dan murah yaitu observasi saja dengan membandingkan USG yang lalu dengan yang sekarang dan yang akan datang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kehamilan ini berkembang atau tidak. Murah, praktis, dan nyaman bagi pasien. 

Pada wanita hamil yang mengalami ancaman keguguran, bila memiliki golongan darah yang langka di Indonesia seperti misalnya rhesus negative maka sebaiknya segera menginformasikan ke dokter kandungan supaya mendapatkan suntik immunoglobulin anti D. kalo di luar negeri ini sih sudah jamak karena kasus wanita hamil dengan rhesus negative sangat banyak terjadi. Saya sendiri baru memperoleh 2 kasus saja karena memang sangat jarang dan nyaris tidak ada. Kebetuan keduanya adalah bule alias orang rusia dan orang amerika. 

BERSAMBUNG BAGIAN KE 4

FANPAGE FACEBOOK : Dr Cucuk Santoso SpOG
GROUP FACEBOOK         : ibu hamil kiuttt hello kitty
INSTAGRAM                 : cucuk.santoso
WEBSITE         : cucuk-spog.com
BLOG         : cucuk-spog.blogspot.com
ALAMAT PRAKTEK         : RUKO THE MANSION RESINDA BLOK TA-8 No. 16-17
                                                       Senin s/d Sabtu jam 07.00 – 11.00 dan 16.00 – 20.00
                                                       Pendaftaran 08122233630

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KENAIKAN BERAT BADAN WANITA HAMIL

  Kenaikan berat badan wanita ketika hamil pasti akan berbeda-beda karena tergantung dari: Berat badan sebelum hamil. Ras/ suku bangsa. Stat...